Refleksi Pencapaian


Tulisan ini dibuat sebagai sebuah refleksi.
Aku sudah berada sampai sejauh ini, ada sedikit merupakan hasil dari terkaan, tapi lebih banyak di luar dugaan. Semua yang telah terjadi barangkali adalah kumpulan kausalitas, kumpulan rahasia, kumpulan kemungkinan, dan kuakui sedikit hasil tindakan. 

Sehingga dengan itu, sepatutnya pula aku tak menawar banyak "jika" atau "andai" sebab aku merasa semua "maka" adalah hal yang harus kuterima dengan rasa "cukup". Puncaknya, haruslah disyukuri.

Setiap keberhasilan tak perlu kuakui sebagai tindakan, meskipun setiap kegagalan kupahami karena salah tindakan. Tapi, bukan mengeluh puncaknya, bukan menyesali akhirnya, biarlah menjadi sebuah khazanah dalam kehidupan.

Kemarin aku siapa, hari ini aku siapa, serta besok aku siapa adalah kombinasi tindakan dengan rahasia Tuhan. Dan semua kumpulan kausalitas, kumpulan rahasia dan kumpulan kemungkinan tadilah alas segalanya.

Jadi, nikmatilah saat nikmat, dan pelajarilah saat tak seperti harap. Hidup perlu konsekuensi, untuk segala perbaikan aksi.

Pemuka, 23 Juli 2020

Posting Komentar

0 Komentar